Tips Membeli Notebook


Halo pembaca! Anda memiliki rencana untuk memebeli notebook/laptop? Berikut ada sedikit tips agar anda tidak salah pilih. Notebook atau lebih sering disebut laptop merupakan komputer yang bersifat portabel. Awalnya, perangkat ini hanya dimiliki oleh kalangan atas karena harganya yang amat mahal. Saat ini, harga laptop sudah sangat murah, dapat dijangkau oleh banyak orang. Permintaan terhadap notebook pun kini lebih banyak dibanding komputer desktop. Merk dan tipe notebook/laptop pun bermacam-macam variasi harga dan spesifikasi yang dibawa. Notebook pun memiliki segmen-segmen yang berbeda-beda, ada desktop replacment, home entertainment, bisnis, ultra portable gaming dan lain sebagainya. Berbagai macam merk dan jenis notebook ini cukup membingungkan pembeli yang masih awam tentang notebook. Saya sendiri sering sekali dimintai pendapat oleh teman-teman saya menganai laptop seperti apakah yang terbaik baginya. Menentukan notebook yang sesuai dengan harapan bukan merupakan hal yang sulit. Berikut ada beberapa poin yang harus dipertimbangkan sebelum membeli laptop.


Tentukan Kebutuhan

Kenapa poin ini saya dahulukan? Karena poin inilah yang paling penting. Alangkah baiknya kita mempergunakan uang hasil jerih payah kita untuk membeli sesuatu untuk mencukupi kebutuhan. Notebook memiliki spesifikasi yang bervariasi sesuai segmen yang dituju. Prosesor-prosesor yang digunakan merupakan prosesor jenis mobile, sebut saja celeron m, pentium dualcore, core2 duo, turion x2 serta dilengkapi memory minimal 512mb dan graphic card onboard maupun discrete. Notebook yang anda inginkan itu akan digunakan untuk apa? Jika hanya digunakan untuk keperluan office standar, menonton video dan keperluan standar lainya, prosesor celeron/sempron/celeron dualcore sudah mencukupi asal menggunakan memory 1gb. Jika anda sedikit bermain-main dengan photoshop atau edit video ringan, pilih pentium dualcore/turion x2 dengan ram 1gb atau lebih, sudah cukup nyaman. Jika anda menggunakan notebook untuk grafis berat atau editing video, anda dapat memilih spesifikasi notebook dengan prosesor kelas core2 duo/turion x2 ultra dengan graphic card discrete dari Ati maupun Nvidia dan dilengkapi memory minimal 2gb akan menawarkan performa yang nyaman untuk kebutuhan anda. Kebutuhan gaming? Spesifikasinya hampir sama dengan laptop untuk multimedia berat, hanya saja membutuhkan graphic card yang lebih kuat (ex: Geforce GTX280M, Mobility Radeon 4870) dengan memory ram 4gb. Anda seorang yang memiliki banyak uang serta seorang antusias? Pilih seri-seri notebook kelas atas (ex: Dell XPS, Asus Lamborghini) atau anda menginginkan sebuah notebook yang cantik, tipis dengan design khusus? Anda bisa memilih Apple macbook air, acer ferrari. Intinya, tentukan dulu kebutuhan komputasi yang anda perlukan.

Tentukan Spesifikasi

Setelah menetukan kebutuhan, tentukan spesifikasi notebook. Notebook dengan spesifikasi seperi apa yang mampu mencukupi kebutuhan anda? Pada poin pertama sudah saya jelaskan gambaran secara umum mengenai spesifikasi hardware notebook berdasarkan kebutuhan. Selain spesifikasi hardware, notebook juga terdapat variasi ukuran layarnya berdasarkan segment yang dituju. Jika anda sering bepergian jauh serta membutuhkan notebook, pilih notebook yang ringan dan diagonal layar yang kecil, 13,3 inch dan 12.1 inch bisa jadi pilihan. Selain itu, untuk bepergian jauh, anda memerlukan notebook yang ringan agar tidak membuat anda capek membawa notebook. Jika anda tidak terlalu sering bepergian jauh membawa notebook, pilih yang berdiagonal 14,1 inch atau 15,4 inch, mengapa? Notebook yang berlayar lebih kecil dari kategori ini biasanya memiliki harga yang lebih mahal dengan spesifikasi hardware yang sama. Jika anda menggunakan untuk keperluan desktop replacement atau home entertainment, pilih notebook dengan layar ukuran diatas 17 inch agar nyaman untuk menonton video. Pertimbangkan juga daya tahan baterai, hal ini cukup penting bagi yang sering bepergian dengan membawa notebook.

Batasi Budget

Setelah anda mangetahui spesifikasi yang cocok, anda dapat menentukan budget maksimal untuk membeli notebook yang anda butuhkan. Mengapa harus dibatasi? Kadang kita mudah lepas kendali dan membeli notebook yang lebih mahal dan sebenarnya berlebihan untuk kebutuhan anda. Poin ini sangat bergantung pada kebutuhan anda, semakain berat kebutuhan komputasi anda, semakin tinggi pula spesifikasi notebook yang anda butuhkan, semakin mahal pula harganya. Abaikan godaan penjual yang sering mengatakan “Dengan menambah uang sekian, anda dapat spek segini”. Jadi, pilih notebook sesuai kebutuhan.

Memilih Merk dan Tipe Notebook

Memilih merk notebook merupakan hal yang tidak kalah pentingnya. Di indonesia, terdapat 2 kategori merk notebook, yang pertama, merk branded, contoh di kategori ini adalah merk-merk notebook kelas internasional antara lain Acer, Dell, HP, Toshiba dan sebagainya. Kategori kedua adalah merk lokal, contoh Axioo, Forsa, Zyrex dan sebagainya. Secara umum, tidak ada perbedaan kualitas yang signifikan antara 2 kategori tersebut, karena sebagian besar notebook merk lokal dibuat oleh produsen manufaktur yang sama dengan merk kategori pertama. Hal yang patut dipertimbangakan saat memilih merk adalah support layanan purna jual. Tanyalah pada teman-teman anda yang telah memiliki notebook untuk mengetahui merk mana yang memiliki layanan purna jual yang baik. Mengapa hal ini pentng? Karena apabila notebook yang kita beli rusak atau cacat, kita dapat melakukan klaim garansi atau penggantian spare part dengan mudah, nyaman dan terjamin. Setelah memilih merk yang anda percaya, kemudian pilih tipe notebook dengan spesifikasi sesuai dengan kebutuhan anda.

Pertimbangkan Fitur Tambahan dan Bundling Sistem operasi

Notebook biasanya memiliki fitur tambahan berupa finger print, webcam, face detection, card reader, bluetooth dan sebagainya. Apakah anda membutuhkan fitur-fitur tersebut? Jika tidak, abaikan saja. Namun jika anda membutuhkan berbagai fitur tambahan tersebut, pilih notebook yang memiliki fitur yang anda maksud dan sesuaikan dengan budget anda. Membeli notebook tanpa bundling sistem operasi memang lebih murah. Rata-rata merk lokal dan beberapa merk branded menjual notebook tanpa sistem operasi. Apa untungnya selain lebih murah? Keuntungan lain adalah anda bebas memilih sistem operasi yang ingin anda gunakan di notebook. Notebook dengan bundling sistem operasi memang lebih mudah, namun memliki harga jual yang lebih tinggi (khususnya yang dibundling dengan microsoft windows) dan apabila anda tidak cocok/tidak suka dengan sistem operasi bawaan, anda harus membeli lagi dan menginstall sistem operasi yang sesuai keinginan anda.

Manfaatkan Saat Promosi

Manfaatkan momen saat promosi atau pameran, mengapa? Kadang saat promosi atau saat pameran, kita dapat membeli notebook dengan harga yang lebih murah. Selain itu, kadang disaat promosi, produsen memberikan berbagai bonus (tas ransel, tshirt, voucher) atau gratis upgrade memory ram menjadi 1-2gb atau upgrade hdd dari 160gb ke 250gb, lumayan kan?

Mungkin sampai disini dulu posting kali ini, semoga sedikit tips tadi berguna. See u next time!



1 komentar:

tuxlin mengatakan...

Link udah terpasang gan!!! BTW, ane kok kayak kenal sm artikel ini??? tapi baca dimana ya??wkwkwkwk

Posting Komentar