Hiddink Resmi Tangani Turki

Liputan6.com, Istanbul: Kabar buruk bagi sejumlah klub elite di Eropa, utamanya Liga Premier Inggris yang menghendaki klubnya diasuh Guus Hiddink di musim depan. Sejak 1 Agustus mendatang, Hiddink resmi menjabat sebagai pelatih Timnas Turki. Kontrak kerja yang diteken Hiddink berdurasi dua tahun dengan opsi perpanjangan selama dua tahun pula. Seperti diketahui, Hiddink akan meninggalkan Timnas Rusia—jabatan yang diembannya sejak 10m April 2006—pada 30 Juni 2010.

Konfirmasi pengangkatan Hiddink sebagai pelatih Crescent Stars, julukan Turki, dilansir di situs resmi Federasi Sepakbola Turki (TFF) pada Rabu (17/2). “Chairman Federasi Sepakbola Turki (Mahmut Ozgener) dan wakilnya bertemu Tuan Hiddink di Amsterdam, Selasa (16/2) kemarin dan sepakat dengan deal berdurasi empat tahun, dimana dua tahun di antaranya bersifat opsional,” demikian pernyataan resmi TFF.
Kabar di atas merupakan pembenaran dari pernyataan yang disampaikan agen Hiddink, Cees van Nieuwenhuizen bulan lalu yang tak mau memberi komentar lebih jauh tentang keterkaitan kliennya dengan Liverpool. Menurut Van Nieuwenhuizen, Hiddink bakal mendapat pekerjaan baru mulai Agustus mendatang.
Selain Nigeria dan Liverpool, Hiddink pun disebut-sebut diminati Manchester City pada Desember 2009 lalu sebelum akhirnya klub yang dimiliki juragan Abu Dhabi itu menunjuk mantan pelatih Inter Milan, Roberto Mancini untuk menangani Carlos Tevez dkk.
Hiddink mengantarkan Rusia melaju ke babak semifinal Euro 2008 lalu. Sayang, ambisinya untuk kembali manggung di pergelaran putaran final Piala Dunia kandas. Dalam babak play-off PD 2010, 14 dan 18 November 2009, Rusia dikalahkan Slovenia. Hiddink pun memutuskan melansir pengumuman pengunduran dirinya sebagai pelatih Rusia jauh-jauh hari sebagai upaya memberi kesempatan kepada Uni Sepakbola Rusia (RFU) mencari sosok pengganti.(MEG/BBC) (LintaBerita.com)

0 komentar:

Posting Komentar